VoIP ( Voice Over Internet Protocol )

Voip Adalah suatu teknologi yang memungkinkan percakapan suara melalui media internet atau berbasis IP (Internet Protocol), konsep kerja VOIPadalah dengan merubah paket suara menjadi kode digital dan disalurkan ke dalam paket-paket data secara real time.
Sejarah Voip di Indonesia
>Tahun 2000 VoIP Merdeka” yang dicetuskan oleh pakar internet Indonesia, Onno W. Purbo. Teknologi yang digunakan adalah H.323 yang merupakan teknologi awal VoIP. Sentral VoIP Merdeka di hosting di Indonesia Internet Exchange (IIX) atas dukungan beberapa ISP dan Asossiasi Penyelenggara Jaringan Internet(APJII).
>Tahun 2005 Di tahun 2005, Anton Raharja dan tim dari ICT Center Jakarta mulai mengembangkan VoIP jenis baru berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Teknologi SIP merupakan teknologi pengganti H.323 yang sulit menembus proxy server. Di tahun 2006, infrastruktur VoIP SIP di kenal sebagai VoIP Rakyat.
Keuntungan VOIP Adalah
>Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
>Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan/kampus sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak perlu melakukan penarikan kabel telfon dan juga tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
>Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada (Integrasi). Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor/kampus. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa.
>Variasi penggunaan peralatan yang ada, contoh dengan menggunakan PC, Handphone, Telfon Analog, IP Phone.
>Managemen berbasis web based, jadi memungkinkan untuk melakukan konfigurasi dari mana saja jika terkoneksi dengan internet.
>Dynmic Call Routing, jika menggunakan Line Telkom dan FWT GSM ataupun CDMA kita dapat merouting panggilan keluar jika nomor local maka otomatis menggunakan line Telkom, jika nomor CMDA maka otomatis menggunakan line CDMA jika nomor GSM maka otomatis menggunakan line GSM. Jadi biaya panggilan akan menjadi lebih murah.
>Jika diterapkan dikampus/disekolah dapat dijadikan media pembelajaran untuk mahasiswa.
IPPBX
>IP PBX atau Internet Protocol Private Branch Exchange adalah PABX yang menggunakan teknologi IP. IP PBX adalah perangkat switching komunikasi telepon dan data berbasis teknologi Internet Protocol (IP) yang mengendalikan ekstension telepon analog (TDM) maupun ekstension IP Phone. Fungsi-fungsi yang dapat dilakukan antara lain penyambungan, pengendalian, dan pemutusan hubungan telepon; translasi protokol komunikasi; translasi media komunikasi atau transcoding; serta pengendalian perangkat-perangkat IP Teleponi seperti VoIP Gateway, Access Gateway, dan Trunk Gateway.
>Solusi berbasis IP PBX merupakan konsep jaringan komunikasi generasi masa depan atau dikenal dengan istilah NGN (Next Generation Network) yang dapat mengintegrasikan jaringan telepon konvensional (PSTN/POTS), jaringan telepon bergerak (GSM/CDMA), jaringan telepon satelit, jaringan Cordless (DECT), dan jaringan berbasis paket (IP/ATM).
>IP PBX membawa kemampuan multilayanan di jaringan IP ke dunia komunikasi teleponi, sehingga akan memungkinkan semakin banyak layanan komunikasi yang dapat berjalan di atas jaringan IP. Multilayanan tersebut adalah Voicemail & Voice Conference, Interactive Voice Response (IVR), Automatic Call Distribution (ACD), Computer Telephony Integration (CTI), Unified Messaging System (UMS), Fax Server & Fax on Demand, Call Recording System, Billing System, serta Web-based Management System.
>IP PBX dapat mendukung antarmuka trunk Analog FXO/FXS; Digital E1-MFC R2, ISDN BRI, ISDN PRI; IP (H.323/SIP/IAX); dan Analog Tie Line E&M. Selain itu, IP PBX dapat mendukung antarmuka ekstension Analog FXO/FXS; ekstension Digital; ISDN Interface BRI (2B+D); dan TCP IP (H.323/SIP/IAX)